Kamis, 30 Januari 2014

06. Sistem informasi minimarket alfamidi



Sistem informasi pada minimarket Alfamidi
Alfamidi adalah sebuah brand minimarket penyediaan kebutuhan hidup sehari-hari oleh PT.sumber alfaria trijaya,tbk. Pada tahun 1989 merupakan awal berdirinya alfamart,dengan mulainya usaha dagang rokok dan barang–barang konsumsi oleh DJOKO SUSANTO dan keluarga yang kemudian mayoritas kepemilikanya dijual kepada PT.HM Sampoerna pada tahun 1989.pada tahun 1994 struktur kepemilikan berubah menjadi (70%) dimiliki oleh PT.HM Sampoerna tbk dan (30%) dimiliki oleh PT.Sigmantara alfindo(keluarga djoko susanto)
PT.Alfa minimart utama (amu) didirikan pada tanggal 27 juli 1999,dengan pemegang saham PT.Alfa retailindo,tbk sebesar (51%) dan PT.Lancar distrindo sebesar sebesar (49%),PT.Alfa minimart utama(amu) ini kemudian membuka alfa minimart pada tanggal 18 oktober 1999 berlokasi jalan beringin raya,karawaci.tangerang.
Pada tanggal 27 juli 2002,PT HM Sampoerna tbk secara resmi merestrukturisasi kepemilikanya sahamnya diPT.Alfa retailindo yang semula (54,40%) dikurangi menjadi(23,4%) disisi lain,perusahaan rokok terbesar kedua di Indonesia akan mulai mengarap serius pasar minimarket yang selama ini belum tergarap melalui alfa.
Pada tanggal 1 agustus 2002,kepemilikan beralih ke PT. sumber Alfaria trijaya dengan pemegang saham PT.HM Sampoerna ,tbk sebesar (70%) dan sigmantara alfindo sebesar (30%) kemudian nama alfa minimart diganti menjadi alfamart pada 1 januari 2003.pada tahun 2005 jumlah gerai alfamart bertumbuh pesat menjadi 1.293 gerai hanya dalam 6 tahun semua took berada dipulau jawa.
Awal  tahun 2006 PT.HM sampoerna,tbk menjual sahamnya,sehingga struktur kepemilikan menjadi PT. Sigmantara alfindo(60%)dan PT.cakrawala mulia prima(40%) mendapat sertifikat Iso9001:2000 untuk system manajemen mutu”. Petengahan 2007 Alfamart,sebagai jarang minimarket pertama diindonesia yang memperoleh sertifikat Iso 9001 : 2000 untuk system manajemen mutu.jumlah gerai mencapai 2000 toko dan telah memasuki pasar lampung. Awal 2009 menjadi perusahaan public tgl 15 januari 2009 dibursa efek Indonesia disertai dengan penambahan jumlah gerai mencapai 3000 toko dan juga memasuki pasar bali.
Motto “belanja puas,harga pas”

System informasi perusahaaan Alfamart

Lajunya pertumbuhan gerai toko alfamart yang cepat dengan transaksi lebih dari 40 transaksi struk perbulan ,dapat terlaksana karena didukung oleh system teritegrasi pada setiap poin of sales (POS) kasir disemua gerai yang mencakup system penjualan, persediaan, dan penerimaan barang. tehnologi di pos kasir dirancang sudah memenuhi kebutuhan perkembangan dan transaksi di masa depan.
Untuk mempercepat pelayanan dan keyamanan belanja dikasir, alfamart menggunakan pemandaian scanner barcode, pembayaran pun kini memberikan kemudahan bagi konsumen dengan menggunakan bca debit,mandiri debit dan berbagai macam bank yang tercantum.
Dalam diadakan distribusi barang ,alfamart menerapkan digital packing system dan tail gate system pada pusat distribusinya. kedua system dan tail gate system pada setiap distribusinya. keduan system ini mempercepat dan meningkatkan efisiensi proses pengambilan barang dari rak penyimpanan dan pemuatan barang ke armada pengirim maupun barang di gerai alfamart.
Pengendalian operasi toko
Persediaan operasi toko adalah salah satu system yang sudah ditetapkan perusahaan agar kegiatan di toko berjalan dengan lancar atau sempurna. Adapun pengendalian toko tersebut adalah:
1.      pengendalian persediaan
2.      pengendalian penjualan
3.      pengendalian biaya
4.      pengendalian administrasi
5.      pendapat lain-lain
6.      pengendalian lingkungan

menrut sofian mohamad hatta(1993) persediaan dapat didefinisikan sebagai berikut:
persediaan adalah suatu aktiva lancar yang meliputi barang-barang milik perusaahan maksud untuk dijual dalam suatu periode usaha yang sangat normal.

Setiap perusahaan ,perusahan perdagangan ataupun perusahaan pabrik serta perusahan jasa selalu mengadakan persediaan. Tanpa adanya persediaan, para perusahan akan dihadapikan pada resiko bahwa perusahaanya pada suatu waktu tidak dapat memenuhi keinginan pelanggan meminta barang /jasa.persediaan diadakan keuntungan yang diharapkan tersebut lebih besar dari pada yang ditimbulkannya.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhNEhcMXOykmW83f2FUUPMM2opk6d87zZwgQ1elKEAovUPOuG3bqHsKWj0U1qBVsnenqSlqmx4ix5y2QnYNrQS7GYnDNdnTVSV3ney46IExgPHo9Mkx3mZdFNqRxl_DzW_OBbJU4Egpflg/s400/Laporan+Data+Stok+Barang.bmp

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEghkW6dSQcHXzd4NbvFml6ra59LQaT-FsX3enSGgQ7yQstGyKKRIUlwZaivKqM_twQAMKg9BvO6VyuDieYgSPb8kD2IVdlIrLdb9GXvYGktF_7FxVc38klsb7Bk75EUiq6PzeOivozh_dc/s400/FORM+DRA+SUPPLIER.bmp

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj8QFrIKLDdPdlPLwuhRXffAB49wCJHsLZZnLrf330LngiqwORee17y6oTvdeoSY_ptaDxsNWUnfGusTjdl80iG2cik3cDt2EubZ62C_sL7KdMW0roYAjJKTf1nWvMccbiz4Eb_hD7NbIk/s400/FORM+DATA+TRANSAKSI.bmp

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhGZuuRJe2oKA8to2pz-smb67PjJd-tE2xwA46hBbQ2jYyhqXHYhhLnVRulcvRn75_8mgvu2biEsC0zoWG30X0EN4YOAxCFL6hiD3VoSnd7urypaC9Y8hSAsmvfKOGx4eWez-FKZH8YCHI/s400/FORM+DATA+TRANSAKSI.bmp

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiC4wEdEGd_JkHzhMpLQG8zZO_v6GtFFOA2tlVeB7TDyh2zJXnBvYBH2fW98FVzjg9_jCNGGiKs6fsqLZ7R6TFSHlJUEEmZPnLk-QPfvVfQh-0PtT4iVlzwH1Siq4D5kcZJ6Z4QmEzcMSc/s400/FORM+DTA+PEMBELIAN.bmp


User interface diperlukan pada program aplikasi ini dengan tujuan untuk mempermudah pengguna dalam menggunakan program aplikasi ini berbagai pengguna baik yang awam maupun yang berpengalaman dapat mengoperasikan program ini tanpa adanya kesulitan ynag besar. Utuk lebih jelasnya akan dipaparkan contohnya sebagai berikut :

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh0kfITkv5apuYrbifZ-PnSnmqNj2iGz12LYkSlRUdqlLW2v_7miQNuhevFuMnTb1xGl2wGNguyDzXaoPhj-BAr6nsygNiMQyD3NfkzotFKJe65iThABl5gVmMU49D9GlEh51QQASppq4k/s400/FORM+DATA+TRANSAKSI.bmp




ERD merupakan suatu model untuk menjelaskan hubungan antar data dalam basis data berdasarkan objek-objek dasar data yang mempunyai hubungan antar relasi.
ERD untuk memodelkan struktur data dan hubungan antar data, untuk menggambarkannya digunakan beberapa notasi dan simbol. Pada dasarnya ada tiga simbol yang digunakan, yaitu :
a. Entiti
Entiti merupakan objek yang mewakili sesuatu yang nyata dan dapat dibedakan dari sesuatu yang lain (Fathansyah, 1999: 30). Simbol dari entiti ini biasanya digambarkan dengan persegi panjang.
b. Atribut
Setiap entitas pasti mempunyai elemen yang disebut atribut yang berfungsi untuk mendeskripsikan karakteristik dari entitas tersebut. Isi dari atribut mempunyai sesuatu yang dapat mengidentifikasikan isi elemen satu dengan yang lain. Gambar atribut diwakili oleh simbol elips.
c. Hubungan / Relasi
Hubungan antara sejumlah entitas yang berasal dari himpunan entitas yang berbeda. Relasi dapat digambarkan sebagai berikut :
Relasi yang terjadi diantara dua himpunan entitas (misalnya A dan B) dalam satu basis data yaitu :
1). Satu ke satu (One to one)
Hubungan relasi satu ke satu yaitu setiap entitas pada himpunan entitas A berhubungan paling banyak dengan satu entitas pada himpunan entitas B.
2). Satu ke banyak (One to many)
Setiap entitas pada himpunan entitas A dapat berhubungan dengan banyak entitas pada himpunan entitas B, tetapi setiap entitas pada entitas B dapat berhubungan dengan satu entitas pada himpunan entitas A.
3). Banyak ke banyak (Many to many)
Setiap entitas pada himpunan entitas A dapat berhubungan dengan banyak entitas pada himpunan entitas B.
Berikut ini adalah ERD dari Sistem Infornasi Alfamart


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgCRfojQDU41Jc1Hrd32WHo8bJgfjRTMAGvOupv4SQLBRBORoV9KhhyMzXO54gTFnirVlExpgQ8zDTobCfbRtCWf2ahqCrrN0cTIFABLakMPie9wIrk5mFONyms1CNMCG-J_Dkcwz1iJW0/s400/erd.bmp






Kelemahan Sistem

Metode analisa yang akan dipakai pada Indomaret Wijaya Kusuma adalah
Analisis SWOT (internal, eksternal serta penggabungan keduanya)

A.    Strength (Kekuatan)
Ø  Indomaret telah mengembangkan franchise yang mempunyai tujuan menjadi assets nasional dalam bentuk jaringan ritail waralaba yang unggul dalam persaingan nasional.
Ø  Investasi franchise Indomaret yang ditawarkan sangat kompetitif,bila dibandingkan dengan Alfamart. Indomaret berkisar antara 300 juta sampai dengan 350 juta,sedangkan Alfamart berkisar antara 300 juta sampai 400 juta.
Ø  Penempatan lokasi pabrik dan head office di beberapa wilayah yang sudah cukup strategis.
Ø  Tingkat upah karyawan yang relatif rendah berkisar 600 ribu rupiah perbulan. Sehingga mampu menekan biaya operasional serendah mungkin.
Ø  Pertumbuhan frainchise Indomaret yang terbukti tinggi di setiap tahunnya. (2002= 192 gerai, 2003= 312 gerai, 2004= 408 gerai).
Ø  Indomaret adalah salah satu franchise yang bergerak dibidang ritail yang siap go Internasional.
Ø  Indomaret mampu menjual barang eceran dengan harga lebuh murah,karena Indomaret mengambil pasokan barang dari salah satu distributor terbesar produk kebutuhan sehari-hari yaitu Indomarco.
Ø  Indomaret merupakan pelopor waralaba bidang ritail di Indonesia. Indomaret mewaralabakan sejak tahun 1997.

B.     Weaknesses (Kelemahan)
Ø  Franchise fee yang ditawarkan ralatif tinggi. Franchise fee yang ditawarkan Indomaret yaitu 75 juta rupiah per 5 tahun,sedangkan Alfamart 45 juta rupiah per 5 tahun.
Ø  Berbagai daerah kurang mengenal Indomaret,karena kurangmya promosi.
Ø  Break Event Points yang ditawarkan Indomaret 4 tahun,sedangkan Alfamart antara 3-4 tahun.

C.     Oportunities (Peluang)
Ø  Masih terdapat beberapa daerah yang potensial namun belum dimasuki oleh Indomaret. Dengan waralaba Indomaret dapat lebih mudah melakukan eksploitasi ke daerah-daerah yang potensial tresebut.
Ø  Dengan adanya perdagangan bebas, maka peluang mengembangkan franchise akan semakin besar.
Ø  Perlunya promosi yang lebih gencar agar franchise Indomaret lebih dikenal dan laku di pasaran.
Ø  Adanya pangsa pasar yang cukup menjanjikan, dimana di Indonesia bisnis waralaba dalam 1-2 tahun semakin tubuh subur 12,5 %.
Ø  Mempunyai kesempatan untuk memperluas jaringan secara lebih cepat dengan menggunakan modal seminimal mungkin.

D.    Threats (Ancaman)
Ø  Adanya franchisor lain yang terus mengikuti langkan Indomaret dalam mencari franchisee,yaitu Almafart.
Ø  Terdapat perusahaan franchise yang sejenis dengan harga jual franchise yang hampir sama. Seperti: investasi untuk Alfamart sebasar 300-400 juta. Investasi Indomaret berkisar 300-350 juta.
Ø  Adanya kemungkinan beberapa gerai milik franchise yang dapat menurunkan reputasi nama franchise akibat kegagalannya memenuhi baku standar tertentu yang kemudian melakukan komplain.
Ø  Adanya tindakan peniruan terhadap keunikan yang dimiliki franchisor yang kemudian dapat menjadi pesaing franchisor.
Ø  Adanya franchise asing memasuki pangsa pasar indonesia ,maka secara tidak langsung akan memberikan dampak negatif terhadap perusahaan. Timbul kekurang percayaan dari franchisee terhadap Indomaret yang disebabkan franchisee tidak ikut campur dalam :

a)      Strenght-Opportunity
ü  Bersaing secara kompetitf untuk memperluas pasar franchise Indomaret sehingga peluang yang ada tidak hilang diambil oleh franchise pesaing.
ü  Memperluas penjualan franchise Indomaret melalui promosi yang gencar ke daerah – daerah.
ü  Memperbaiki dan melakukan inovasi - inovasi terhadap strategi franchise Indomaret yang ada.

b)      Weakness-Opportunity
ü  Mengembangkan franchise dengan memasuki segmen – segmen yang belum dimasuki pesaing, sehingga harga franchise yang sedikit tinggi bukan menjadi masalah untuk sementara waktu.
ü  Membuka Indomaret regular yang potensial, jika operasional toko regular tersebut dapat berjalan dengan baik, maka toko tersebut dapat dijual kepada inventor yang ingin menjadi franchise Indomaret, sehingga Indomaret semakin dikenal dan tidak perlu mengeluarkan modal yang besar.
c)      Strenght-Threats
ü  Untuk mengatasi beberapa keunggulan franchise pesaing, maka diperlukan promosi yang melatarbelakangi keunggulan franchise Indomaret.
ü  Untuk menghadapi pesaing yang memiliki harga franchise yang relatif lebih murah, maka diperlukan penyesuain harga jual sesuai dengan harga jual pesain yang diiringi dengan melakukan inovasi dalam kualitas dan pelayanan.
d)     Weakness-Threats
ü  Menerapkan metode promosi yang lebih selektif dan proaktif.
ü  Menciptakan tipe frenchise baru dengan kualitas yang berbeda, dengan memiliki keunggulan lebih dibanding dengan pesaing.
ü  Persiapan pengembangan franchise dan peningkatan hubungan pemasaran dengan franchise.









Analisis Kelebihan Sistem

a.       Dapat mempercepat proses pencatatan dan pengolahan data.
b.      Mampu menyajikan informasi yang lebih berkualitas sehingga memudahkan dalam pengambilan keputusan.
c.       Efisiensi waktu, tenaga, pikiran dan biaya dalam proses pencatatan, pencarian data dan pembuatan laporan, sehingga laporan yang hasilkan lebih tepat waktu, akurat dan relevan bagi penerima informasi terakhir.

KESIMPULAN

Kesimpulannya adalah minimarket menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari. perusahan minimarket ini memkai sistem poin of sales (POS) kasir disemua gerai yang mencakup system penjualan,persediaan,dan penerimaan barang.

Serta lebih Efisiensi waktu, tenaga, pikiran dan biaya dalam proses pencatatan, pencarian data dan pembuatan laporan, sehingga laporan yang hasilkan lebih tepat waktu, akurat dan relevan bagi penerima informasi terakhir.
Distribusinya sama- sama menerapkan digital picking system (DPS). Sistem teknologi informasi ini memungkinkan pelayanan permintaan dan suplai barang dari pusat distribusi ke toko-toko. Selain itu alfamart menggunakan sistem Persediaan operasi toko adalah salah satu system yang sudah ditetapkan perusahaan agar kegiatan di toko berjalan dengan lancar atau sempurna.

Dan  fasilitas pembayaran yang diberikan alfamart cukup banyak diantaranya adalah BCA debit, mandiri debit dan berbagai macam bank yang berkerjasama pada minimarket alfamart.










TUGAS
SOFTSKILL
SISTEM INFORMASI MINIMARKET

NAMA      : FIRMAN RAMDHANI
MATERI    : SISTEM INFORMASI MINIMARKET  ALFAMART
NPM         : 32112985
KELAS       : 2DB07




UNIVERSITAS GUNADARMA
KALIMALANG
2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar